Top Ad unit 728 × 90

Kursus Mengemudi di Samarinda & Tips & Trik






KURSUS MENGEMUDI- Di masa yang sulit untuk mencari pekerjaan, anda harus memiliki nilai lebih pada kemampuan anda jika anda ingin diterima bekerja.salah satu hal yang bisa menambah nilai tambah adalah jika anda dapat membawa mobil dengan baik. Terlebih lagi jika anda mempunyai sertifikat dari kursus mengemudi mobil itu dapat menjadi nilai tambah tersendiri ketika akan melamar pekerjaan. Karena tidak dipungkiri lagi mobilitas dalam perusahaan akan selalu dilakukan dalam kesehariannya. Jadi ayo tingkatkan kemampuan anda sekarang juga.

Ingin belajar mengemudi ?

Ingin mahir dalam mengemudi mobil ?

Ingin belajar mengemudi dalam waktu yang singkat ?

Kali ini LKP Ghanesa akan share informasi tentang tips – tips belajar mengemudi mobil bagi pemula.

Apa saja tips – tips belajar mengemudi bagi pemula ?

LANGKAH PERTAMA

Langkah pertama dalam hal belajar menyetir mobil untuk pemula yaitu mengetahui tentang teori mengemudi mobil manual yang benar.

Pedal Gas
Pedal gas ketika di injak maka akan mempercepat laju mobil atau mempercepat putaran yang terjadi pada mesin

Rem
Berfungsi untuk mengurangi kecepatan atau menghentikan laju mobil

Kopling
Memiliki fungsi untuk perpindahan gigi dan prasyarat berhenti. Selain 2 hal tersebut, dengan melepas kopling juga menjadi prasyarat saat mobil akan mulai jalan ketika pengemudi menginjak pedal gas. Tetapi jika tidak pas antara pelepasan kopling dengan penginjakan gas maka yang akan terjadi adalah loncat atau mesin mati.
LANGKAH KEDUA

Pada langkah kedua ini sebelum memulai mengemudi mobil, anda harus mengenali serta mengetahui cara menggunakan fungsi dasar yang ada pada mobil tersebut.

Cara memegang setir mobil dengan tepat
Cara memegang setir yang baik dan benar adalah ujung tuas berbentuk benjolan namun tidak digenggam, lalu dipegang menggunakan dua ruas bawah jari telunjuk dan tengah kemudian diapit jari yang lain di kanan kiri tanpa adanya tekanan dan tarikan yang santai / rileks.
Mengenali persneling mobil
Pada saat kita belajar mengemudi mobil manualperlu untuk anda ketahui biasanya mobil manual keluaran 90-an memiliki 5 speed, yaitu 1 – 2 – 3 – 4 – 5 serta R atau mundur. Dan indikator hijau menandakan mobil dalam posisi netral.
Cara menggunakan tuas persneling
Anda harus mulai menggunakan feeling ketika akan belajar menyetir mobil, rasakan desakan serta bunyi ketika sedang melakukan perpindahan gigi bila berbunyi “klek” berarti perpindahan persneling anda tepat. Kemudian mulailah menghafal posisi perpindahan gigi, sebab saat menyetir anda tidak boleh melirik tuas maupun panel lain. Termasuk gas, rem, ataupun persneling untuk mengoperasikan mobil karena jika anda sudah mengemudi mobil harus tetap fokus mengatur jarak mobil di depan serta di samping kanan dan kiri.
LANGKAH KETIGA

Setelah anda mengetahui teori dasar menyetir mobil dan sudah mengenal fungsi panel yang ada pada mobil tersebut, itu artinya sudah saatnya anda untuk mencoba mengemudi mobil manual secara dasar terlebih dahulu.

Menghidupkan mesin mobil
Pertama – tama sebelum anda menghidupkan mesin pastikan mobil dalam posisi netral dari persneleng agar mobil tidak meloncat.
Setelah itu mulai start hidupkan mesin, kaki kiri menginjak kopling kemudian masukkan ke perneling 1 pada kaki kanan mulai menekan gas sedikit demi sedikit hingga suara mesin meningkat.
Kemudian secara perlahan lepaskan kaki kiri dari kopling tanpa menaikkan gas, pada saat itu anda akan merasakan mobil mulai jalan.
Jika mobil sudah berjalan dengan stabil, anda dapat melepas kopling dan menambah gas.
Cara mengoper perneling
Pada dasarnya cara mengoper persneling hampir sama dengan cara start tadi. Akan tetapi perbedaan terdapat pada pergeserannya, yaitu :

Sebelum anda memindahkan persneling lepas kaki kanan dari pedal gas kemudian kaki kiri menekan kopling lalu pindahkan tuas persneling namun jangan langsung melepas kopling akan tetapi seirama dengan kaki kanan kita menginjak gas.
Cara berhenti / mematikan mobil
Cara menghentikan mobil saat belajar adalah dengan kaki kiri menekan kopling diikuti dengan kaki kanan melepas gas kemudian kaki kanan bergeser diatas pedal rem, setelah itu injak secara perlahan untuk mengatur rem supaya mobil lebih pelan untuk memposisikan berhenti sesuai keinginan.
Tips-tips diatas adalah hal – hal yang wajib dipahami oleh setiap pengemudi mobil , apalagi bagi anda yang baru saja belajar mobil. Tips diatas adalah sebagai pemahaman dasar saja , di artikel selanjutnya LKP Ghanesa akan share artikel tentang Tips Belajar Mengemudi lagi , tapi di artikel selanjutnya kita akan bahas langsung langkah- langkah mengemudikan mobil.Sekian informasi tentang tips cepat belajar mengemudi , semoga setelah membaca artikel ini kalian bisa belajar mengemudi dengan cepat.

Tetap update di Website ghanesagroup.co.id dan dapatkan informasi- informasi terbaru Ghanesa.

LKP Ghanesa – Tips Belajar Mengemudi Mobil

Jl. IR.H.Juanda, Air Putih, Kel. Jawa, Kec. Samarinda Ulu, Kota Samarinda, Kalimantan Timur.
Tlp. (0541) 4122706, Kode Pos 75124.

Follow Twitter : @ghanesa_center
Facebook : Ghanesagroup
Fan Pages : LKP Ghanesa
Email : ghanesagroup@gmail.com
Website : www.ghanesagroup.co.id
Kursus Mengemudi di Samarinda & Tips & Trik Reviewed by Ghanesa Group on April 09, 2019 Rating: 5

Tidak ada komentar:

All Rights Reserved by LKP Ghanesa Samarinda © 2020
Powered By Rama Banuanta Shared by Themes24x7

Biểu mẫu liên hệ

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.