Top Ad unit 728 × 90

Apasih perbedaan sketchup & autoCAD



AutoCAD dan Sketchup sebenarnya memiliki fungsi dasar yang sama.
Namun kedua software ini juga memiliki banyak perbedaan.
AutoCAD merupakan perangkat lunak atau software yang lebih kompleks dan
perlu ketelitian dalam penggunaanya. Sedangkan Sketchup merupakan perangkat lunak atau
software yang memiliki tampilan yang lebih sederhana dan tidak terlalu kompleks sehingga
lebih mudah untuk diingat dalam proses penggunaannya.

AutoCAD merupakan sebuah perangkat lunak komputer yang memiliki fungsi untuk
menggambar sebuah gambar dengan 2 dimensi dan 3 dimensi.


Kelebihan AutoCAD
Berikut beberapa kelebihan AutoCAD yang perlu Anda ketahui:

Memiliki Bidang Gambar yang Luas
Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh AutoCAD adalah memiliki bidang gambar yang luas. Dengan demikian, Anda dimungkinkan untuk membuat gambar dengan ukuran yang sangat luas dan kompleks. Karena itulah jika Anda memiliki keperluan untuk membuat gambar dengan bidang yang luas, Anda dapat memanfaatkan AutoCAD.

Gambar yang Dihasilkan Rapi dan Bersih
Kelebihan lain yang dimiliki AutoCAD adalah gambar yang dihasilkan menggunakan perangkat ini akan rapi dan bersih. Hal ini dikarenakan gambar tetap bisa diedit ataupun direvisi untuk menyesuaikan dengan kebutuhan cetak yang dikehendaki.

Memiliki Tingkat Akurasi yang Tinggi
Kelebihan selanjutnya yang dimiliki AutoCAD adalah memiliki tingkat akurasi yang tinggi. Hal ini dikarenakan AutoCAD memiliki tingkat presisi hingga tiga belas digit sehingga gambar yang dihasilkan lebih tepat ukuran dan lebih sempurna. Karena itulah dalam hal konstruksi banyak orang yang mensyaratkan penggunaan AutoCAD. Dikutip dari IDNTimes.com AutoCAD adalah software utama yang harus dikuasai bagi kamu para mahasiswa teknik termasuk teknik sipil. Karena Hampir seluruh pekerjaan di bidang konstruksi mensyaratkan penguasaan CAD.

Kekurangan AutoCAD
Berikut beberapa kekurangan AutoCAD yang perlu Anda ketahui:

Proses Desain Cukup Rumit
Salah satu kekurangan AutoCAD adalah memiliki alur proses desain yang cukup rumit. Hal ini dikarenakan seoftware tersebut terbagi ke dalam beberapa software lagi disesuaikan dengan bagian konstruksi mana yang akan dibuat. Intinya, Anda harus benar-benar memahami alur proses desain yang cukup rumit ini agar dapat menggambar dengan maksimal.

Membutuhkan Hardware yang Tinggi
Kekurangan lain yang dimiliki AutoCAD adalah membutuhkan hardware yang tinggi. Karena itulah, laptop atau komputer yang dipakai harus memiliki spesifikasi yang mumpuni. Kemudian, harga laptop atau komputer yang memiliki spesifikasi yang tinggi ini memiliki harga yang cukup mahal.

Harga Berlangganan Cukup Mahal
Kekurangan lain yang dimiliki AutoCAD ini yaitu memiliki harga berlangganan yang cukup mahal. Untuk berlangganan software ini, Anda harus membayar biaya langganan bulanan sekitar dua jutaan. Namun jika Anda tidak ingin mengeluarkan biaya, Anda dapat menggunakan versi gratisnya. Tapi fitur dan spesifikasi versi gratis ini dikurangi dan hanya dapat digunakan selama 3 tahun.


Sketchup
Sketchup merupakan perangkat lunak untuk desain grafis yang dikembangkan oleh Trimble.
Sketchup atau Google Sketchup dirilis pada tahun 2000. Desain grafis dapat memanfaatkan
Sketchup untuk membuat berbagai jenis model.

Dari penjelasan mengenai AutoCAD dan Sketchup di atas,
dapat disimpulkan bahwa AutoCAD masih dijadikan standar dalam dunia kerja.
Selain itu, AutoCAD lebih kompleks dan lebih detail. Namun, Anda harus memahaminya
dengan baik sebab terbilang lebih rumit daripada Sketchup. AutoCAD ahlinya untuk membuat
gambar 2D, tapi jika Anda ingin lebih mudah menggambar 3D, sebaiknya Anda menggunakan Sketchup.


Kelebihan Sketchup
Berikut beberapa kelebihan Sketchup yang perlu Anda ketahui:

Lebih Ringan dan Responsif
Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh Sketchup adalah lebih ringan dan responsif. Karena itulah perangkat yang memiliki hardware yang tidak terlalu tinggipun bahkan dapat menggunakan Sketchup. Bahkan, komputer dengan core2duo dan ram 2 gb tetap bisa mengakses Sketchup.

Tools Mudah Diingat
Kelebihan selanjutnya yang dimiliki sketchup adalah memiliki tampilan yang lebih sederhana. Karena memiliki tampilan yang lebih sederhana, tools pada Sketchup lebih mudah untuk diingat dan diaplikasikan pada saat penggunaan.




Menggambar 3D Lebih Mudah

Kelebihan selanjutnya yang dimiliki oleh Sketchup adalah sangat mudah dalam menggambar 3D. Anda dapat melakukannya dengan pull dan push saja. Jika Anda fokus untuk membuat gambar 3D maka Anda sebaiknya menggunakan Sketchup yang lebih mudah.

Kekurangan Sketchup
Berikut beberapa kekurangan Sketchup yang perlu Anda ketahui:

Mudah Terjadi Crash
Salah satu kekurangan Sketchup adalah sangat mudah mengalami crash meskipun telah diperbarui. Crash ini dapat terjadi apabila terdapat banyak permukaan patch dan vertex. Hal ini terjadi apabila mengimpor model tingkat lanjut dari 3D max ke Sketchup.

Sulit untuk Pemodelan Tingkat Lanjut
Kekurangan lain yang dimiliki Sketchup adalah lebih sulit dalam pemodelan tingkat lanjut meski telah menggunakan plugin sekalipun. Dengan demikian Anda akan terbatas dan tidak bisa untuk pemodelan tingkat lanjut.

Belum Menjadi Basic Utama
Dalam dunia kerja, perusahaan masih menetapkan AutoCAD sebagai basic utama. Artinya meskipun Anda telah memahami dengan baik Sketchup, Anda tetap harus mengetahui dan bisa menggunakan AutoCAD sebagai basic. Bisa dikatakan bahwa Sketchup belum bisa dijadikan standar dalam penerimaan karyawan pada dunia kerja.

Kursus Komputer Samarinda - LKP Ghanesa
Kursus Komputer SketchUP - LKP Ghanesa
Kursus Komputer AutoCAD - LKP Ghanesa
Apasih perbedaan sketchup & autoCAD Reviewed by Ghanesa Group on Februari 12, 2019 Rating: 5

Tidak ada komentar:

All Rights Reserved by LKP Ghanesa Samarinda © 2020
Powered By Rama Banuanta Shared by Themes24x7

Biểu mẫu liên hệ

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.