Sabtu, 19 Januari 2019

Manfaat & Kelebihan Menggunakan Microsoft Visual Basic, Yuk Kursus!




Microsoft Visual Basic atau lebih sering disebut VB adalah bahasa pemrograman berbasis windows yang merupakan Object Oriented Programming (OOP), yaitu pemrograman yang diorientasikan pada objek-objek yang disediakan di dalam visual basic itu sendiri.

Bahasa BASIC pada dasarnya merupakan bahasa yang mudah untuk dimengerti sehingga pemrograman menggunakan bahasa BASIC dapat dilakukan dengan mudah sekalipun yang melakukannya adalah seorang pemula.

Pada pemrograman visual ini, pengembangan aplikasi diawali dengan membentuk User Interface kemudian mengatur properti dari berbagai objek yang akan digunakan dalam User Interface, dan setelah itu baru dilakukan penulisan kode pada program di setiap event-event yang ada. Tahapan pengembangan aplikasi seperti ini lebih dikenal dengan pendekatan Bottom Up.

Beberapa hal yang harus dipahami ketika mempelajari Visual Basic:
Properti merupakan atribut-atribut yang terdapat pada kontrol (objek) yang biasanya berupa karakteristik penampilan seperti jenis huruf, ukuran, warna, dan sebagainya.
Event merupakan segala sesuatu atau kejadian yang dapat dialami oleh sebuah objek. Suatu kontrol (objek) bisa saja memiliki banyak event.
Method (Metode) adalah perbuatan atau aksi yang dimiliki oleh kontrol (objek) sehingga programmer dapat menggunakannya untuk memanipulasi sesuatu, method ini berasal dari penulisan kode yang diberikan oleh programmer.

Manfaat Microsoft Visual Basic
Dapat digunakan untuk membuat program aplikasi yang berbasis Windows.
Untuk membuat berbagai objek pembantu program seperti kontrol ActiveX, aplikasi internet, file help, dan lain sebagainya.
Menguji program atau debugging dan menghasilkan program ber-ekstensi akhir EXE(.exe) yang bersifat executeable (dapat langsung dijalankan).

Kelebihan Microsoft Visual Basic
Bahasa pemrograman dengan teknik pemrograman visual yang dapat menjadikan penggunanya berekspresi lebih baik dalam menghasilkan suatu program aplikasi, sekalipun digunakan oleh pemula.
Memiliki fitur database dan multimedia yang semakin baik.
Memiliki pemrograman internet dengan DHTML (Dynamic Hyper Text Markup Language)
Dapat berinteraksi dengan aplikasi lain di dalam sistem operasi windows dengan komponen ActiveX Control.
Tidak memakan banyak memori komputer dan lebih ringan dari bahasa pemrograman yang lain.
File executeable yang dihasilkan oleh Visual Basic berukuran kecil dan menggunakan resource yang tidak banyak.
Proses dalam belajar Visual Basic lebih singkat jika dibandingkan dengan bahasa pemrograman yang lain.

keren banget kan microsoft visual basic, kalian bisa membuat program yang berbasis windows, dan Menguji program atau debugging dan menghasilkan program ber-ekstensi akhir EXE(.exe) yang bersifat executeable (dapat langsung dijalankan).
nah yuk kursus programming visual basic bersama LKP Ghanesa Samarinda.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Fans Page Ghanesa