Rabu, 19 September 2018

biasakanlah berbicara pada anak menggunakan kata kata positif


hai mom, biasakanlah berbicara pada anak menggunakan
kata kata positif. Tanpa disadari orang tua sering memilih menggunakan kalimat negatif yang cenderung menakut-nakuti anak. Padahal kalimat positif jauh lebih bermanfaat.

Karena tidak suka anaknya berlari-lari terus, orang tua terkadang meneriakkan kata-kata bernada negatif yang cenderung menakut-nakuti anak. Misalnya saja dengan berteriak: Awas jatuh!

Di saat yang lain, saat anak susah makan, orang tua menakut-nakutinya dengan kalimat: kalau kamu tidak mau makan, nanti didatangi hantu.
Sering kali seseorang, termasuk orang tua, memilih menggunakan kata-kata negatif untuk membuat orang lain, dalam hal ini anaknya, menuruti perkataannya. Padahal kata-kata negatif justru memicu hal negatif yang turut tumbuh dalam dirinya.

"Sering mendapat ancaman akan membuat anak semakin ketakutan seperti, 'awas jangan lari-lari, nanti jatuh,' adalah warning yang terlalu negatif yang membuat anak menjadi takut dan nempel kepada ibunya,". Sebaiknya jangan terlalu banyak kata-kata negatif dan ancaman, karena akan menyebabkan tidak percaya diri dan ketakutan.

sebaliknya, kalimat positif akan bisa membuat anak lebih percaya diri. Bahwa benar, mereka pernah melakukan kesalahan, namun kalimat positif yang disampaikan orang tua akan membuatnya memiliki semangat positif untuk memperbaiki tindakannya

#infoanak
#LKPghanesa
#calistung
#samarinda
#kaltim
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Fans Page Ghanesa